Palembang, 11 Desember 2025 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang menyampaikan perkembangan terbaru terkait ketersediaan tiket pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026. Memasuki periode pemesanan saat ini, minat masyarakat terus menunjukkan peningkatan sehingga KAI Divre III Palembang mengimbau pelanggan untuk segera mengamankan tiket selama kursi masih tersedia.
Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menjelaskan bahwa selama 18 hari masa Angkutan Nataru, yaitu 18 Desember 2025 sampai 4 Januari 2026, KAI Divre III menyediakan total 53.640 tempat duduk, atau 2.980 kursi per hari. Hingga saat ini, 38.670 tempat duduk telah terjual, atau sekitar 72 persen dari total kapasitas.
“Antusiasme masyarakat cukup tinggi, terutama mendekati hari-hari favorit libur panjang. Karena itu kami mengimbau para pelanggan untuk tidak menunda pemesanan dan segera memastikan tiket mereka selama ketersediaan masih ada,” ujar Aida.
Aida menerangkan bahwa kereta api yang beroperasi di wilayah Divre III Palembang meliputi: KA Bukit Serelo relasi Kertapati Lubuklinggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati Tanjungkarang (PP), dan KA Sindang Marga relasi Kertapati Lubuklinggau (PP).
Sementara itu beberapa tanggal favorit dengan penjualan tertinggi masih ditanggal 24 Desember 2025, dengan tiket terjual sebanyak 2.498 atau sebanyak 84% dan ditanggal 28 Desember 2025 terjual 2.459 tiket atau 83%. Aida juga mengatakan, untuk KA ekonomi, tingkat pemesanan juga menunjukkan tren meningkat, sampai pemesan tanggal 10 Desember 2025, data pemesanan tiket untuk KA Bukit Serelo sudah mencapai 10.906 atau 95% dari 11.448 kursi yang disediakan. Sedangkan untuk KA Ekspres Rajabasa tiket terjual mencapai 13.835 atau 91% dari 15.264 kursi yang disediakan selama masa angkutan Nataru.
“Penumpang tidak perlu khawatir, apabila tiket KA Bukit Serelo habis untuk relasi Kertapati Lubuklinggau, pelanggan dapat memanfaatkan KA Sindang Marga yang saat ini masih tersedia sekitar 80 persen kursi selama masa Angkutan Nataru,” jelas Aida.
KAI kembali mengingatkan pelanggan untuk berhati-hati terhadap oknum yang menawarkan tiket dengan harga tidak wajar atau melalui jalur tidak resmi. “Masyarakat diimbau membeli tiket hanya melalui kanal resmi seperti Aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, loket stasiun, Contact Center 121, serta mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan PT KAI,” tegasnya.
Kami juga mengimbau kepada para pelanggan untuk menjaga dan selalu waspada menjaga barang bawaanya dan mematuhi aturan terkait barang bawaan, diantaranya:
* Maksimal 20 kg dengan dimensi sekitar 70x48x30 cm atau 100 dm³.
* Tidak membawa narkoba, senjata api/tajam, bahan peledak, dan barang mudah terbakar.
* Tidak membawa barang berbau menyengat, busuk, atau mengganggu kenyamanan penumpang lain.
* Tidak membawa hewan peliharaan (kecuali anjing pemandu penyandang disabilitas).
* Tidak membawa barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan.
“Kami berharap pelanggan dapat mematuhi seluruh ketentuan dari perusahaan sehingga perjalanan massa Angkutan Nataru berjalan aman, nyaman, dan tertib, serta menjadi momentum yang bahagia di libur akhir tahun, tutup Aida.
Artikel ini juga tayang di VRITIMES








