MENU
Sabtu, 24 Mei 2025
Suara Rakyat
No Result
LIhat Semua Hasil
  • Beranda
  • Daerah
    Kepala Desa Sindangheula Laksanakan Program Jumat Keliling di Masjid Jami Al-Ikhlas Kp. Beluwen

    Kepala Desa Sindangheula Laksanakan Program Jumat Keliling di Masjid Jami Al-Ikhlas Kp. Beluwen

    Koalisi Barisan Depan Anti Koruptor Bersatu (BADAK BERSATU) Provinsi Banten menggerudug kantor Dinas Perhubungan Provinsi Banten

    Koalisi Barisan Depan Anti Koruptor Bersatu (BADAK BERSATU) Provinsi Banten menggerudug kantor Dinas Perhubungan Provinsi Banten

    “Kabar Gembira” Banten Resmi Luncurkan Program Sekolah Swasta Gratis

    “Kabar Gembira” Banten Resmi Luncurkan Program Sekolah Swasta Gratis

    Penyaluran BLT DD DiDesa Pancanegara kecamatan Pabuaran Tanpa Pendampingan Babinkamtibma /Babinsa.Sebagai Alat Kontrol dan Pengawasan

    Penyaluran BLT DD DiDesa Pancanegara kecamatan Pabuaran Tanpa Pendampingan Babinkamtibma /Babinsa.Sebagai Alat Kontrol dan Pengawasan

    Jam Kerja Kantor Desa kadubereum Kecamatan Padarincang Tertutup Rapat Tanpa Adanya Pelayanan

    Jam Kerja Kantor Desa kadubereum Kecamatan Padarincang Tertutup Rapat Tanpa Adanya Pelayanan

  • Internasional
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Bisnis
  • Pendidikan
  • Gaya Hidup
  • Politik
  • Hukrim
  • Suara-Rakyat.ID TV
  • Lainnya
    • Advertorial
    • Entertainment
    • Kolom
    • Olahraga
    • Otomotif
    • Sosok
    • Sosial Budaya
    • Teknologi
Suara Rakyat
  • Beranda
  • Daerah
    Kepala Desa Sindangheula Laksanakan Program Jumat Keliling di Masjid Jami Al-Ikhlas Kp. Beluwen

    Kepala Desa Sindangheula Laksanakan Program Jumat Keliling di Masjid Jami Al-Ikhlas Kp. Beluwen

    Koalisi Barisan Depan Anti Koruptor Bersatu (BADAK BERSATU) Provinsi Banten menggerudug kantor Dinas Perhubungan Provinsi Banten

    Koalisi Barisan Depan Anti Koruptor Bersatu (BADAK BERSATU) Provinsi Banten menggerudug kantor Dinas Perhubungan Provinsi Banten

    “Kabar Gembira” Banten Resmi Luncurkan Program Sekolah Swasta Gratis

    “Kabar Gembira” Banten Resmi Luncurkan Program Sekolah Swasta Gratis

    Penyaluran BLT DD DiDesa Pancanegara kecamatan Pabuaran Tanpa Pendampingan Babinkamtibma /Babinsa.Sebagai Alat Kontrol dan Pengawasan

    Penyaluran BLT DD DiDesa Pancanegara kecamatan Pabuaran Tanpa Pendampingan Babinkamtibma /Babinsa.Sebagai Alat Kontrol dan Pengawasan

    Jam Kerja Kantor Desa kadubereum Kecamatan Padarincang Tertutup Rapat Tanpa Adanya Pelayanan

    Jam Kerja Kantor Desa kadubereum Kecamatan Padarincang Tertutup Rapat Tanpa Adanya Pelayanan

  • Internasional
  • Nasional
  • Ekonomi
    • Bisnis
  • Pendidikan
  • Gaya Hidup
  • Politik
  • Hukrim
  • Suara-Rakyat.ID TV
  • Lainnya
    • Advertorial
    • Entertainment
    • Kolom
    • Olahraga
    • Otomotif
    • Sosok
    • Sosial Budaya
    • Teknologi
MENU
Suara Rakyat
No Result
LIhat Semua Hasil
  • Beranda
  • Daerah
  • Hukrim
  • Kesehatan
  • Sosial Budaya
  • Politik
  • Olahraga
  • Internasional
  • Sosok
  • Gaya Hidup
Home Ekonomi

Tepat Waktu dan Terjangkau: OTP Keberangkatan KAI Capai 99,38%, Kedatangan 95,96% hingga April 2025

SR.ID
2 minggu lalu
kat- Ekonomi
AA
Tepat Waktu dan Terjangkau: OTP Keberangkatan KAI Capai 99,38%, Kedatangan 95,96% hingga April 2025

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus menunjukkan kinerja operasional yang andal dan konsisten dalam mendukung mobilitas masyarakat. Sepanjang Januari hingga April 2025, rata-rata ketepatan waktu keberangkatan atau On Time Performance (OTP) Kereta Api Penumpang KAI tercatat sebesar 99,38 persen, sedangkan untuk kedatangan mencapai 95,96 persen.

“Pada bulan April 2025 saja, OTP kedatangan KA penumpang menunjukkan peningkatan signifikan, yakni 97,51 persen, lebih tinggi dibandingkan bulan yang sama tahun lalu sebesar 96,78 persen. Capaian ini mencerminkan efektivitas perencanaan dan eksekusi operasional KAI dalam menghadapi berbagai dinamika di lapangan, termasuk lonjakan volume penumpang saat masa libur,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

Anne menambahkan dari sisi volume, KAI mencatat total 17.709.671 pelanggan selama periode Januari hingga April 2025. Angka ini meningkat 5 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang berjumlah 16.796.376 pelanggan. Kenaikan ini mencerminkan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan berbasis rel yang aman, nyaman, dan terjangkau.

Secara rinci, jumlah pelanggan KA Jarak Jauh Komersial mencapai 11.324.717 orang, sedangkan KA Jarak Jauh PSO melayani 3.756.486 orang. Untuk KA Lokal Komersial sebanyak 596.399 pelanggan, dan KA Lokal PSO sebanyak 2.032.069 pelanggan.

“Ini berarti, lebih dari 5,78 juta pelanggan menikmati layanan kereta api bersubsidi (PSO) selama empat bulan pertama tahun ini. Keberadaan kereta api PSO (Public Service Obligation) menjadi bagian penting dalam mendukung aksesibilitas transportasi publik bagi masyarakat luas, terutama untuk daerah-daerah dengan keterbatasan alternatif moda transportasi. Program ini dijalankan dengan dukungan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan,” tukas Anne.

Layanan KA PSO tidak hanya menyediakan tarif yang lebih terjangkau, tetapi juga menjaga standar keselamatan dan ketepatan waktu yang tinggi. Hal ini menjadi wujud komitmen KAI dalam mendistribusikan manfaat transportasi publik yang adil dan merata ke seluruh wilayah layanan.

Tingginya angka ketepatan waktu menunjukkan bahwa operasional KAI telah berjalan efisien, baik dari aspek manajemen perjalanan, kesiapan SDM operasional, hingga dukungan infrastruktur yang andal. Keunggulan ini menjadi salah satu indikator utama dalam memberikan pengalaman perjalanan yang dapat diandalkan oleh pelanggan.

“Peningkatan OTP juga memberikan dampak positif terhadap konektivitas dan produktivitas pelanggan. Pelanggan dapat mengatur waktu perjalanan dengan lebih presisi, baik untuk kebutuhan kerja, pendidikan, maupun aktivitas lainnya, yang berdampak langsung pada efektivitas keseharian,” kata Anne.

Anne mengatakan KAI juga terus mengembangkan berbagai inovasi berbasis digital seperti aplikasi Access by KAI untuk mendukung layanan yang lebih cepat, terukur, dan akurat. Data historis perjalanan digunakan untuk mengoptimalkan jadwal, meminimalkan potensi gangguan, serta meningkatkan keandalan layanan dari waktu ke waktu.

Tak hanya dari sisi teknis, peningkatan OTP juga menjadi refleksi dari budaya kerja perusahaan yang berorientasi pada pelanggan. Setiap satuan kerja operasional didorong untuk memberikan pelayanan terbaik dan responsif terhadap tantangan yang muncul di lapangan.

“KAI menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dan kepada Pemerintah atas dukungan regulasi dan pendanaan PSO yang telah memberikan dampak luas terhadap mobilitas masyarakat. KAI meyakini bahwa sinergi ini akan semakin memperkuat peran kereta api sebagai tulang punggung transportasi publik nasional,” tutup Anne.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES

Bagikan1Tweet1Kirim

Berita Terkait

Rekomendasi Taman Kota Pet Friendly di Jakarta Cocok untuk Akhir Pekan
Ekonomi

Rekomendasi Taman Kota Pet Friendly di Jakarta Cocok untuk Akhir Pekan

SR.ID
2 jam lalu
0

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan momen berkualitas bersama keluarga, termasuk hewan peliharaan kesayangan Anda. Bagi Anda yang...

Selengkapnya..
Tren Food Reviewer dan Pentingnya Perizinan Higienis bagi Bisnis Restoran di Indonesia

Tren Food Reviewer dan Pentingnya Perizinan Higienis bagi Bisnis Restoran di Indonesia

2 jam lalu
KAI Daop 1 Jakarta Edukasi 560 Siswa TKK Penabur Jakarta tentang Dunia Perkeretaapian

KAI Daop 1 Jakarta Edukasi 560 Siswa TKK Penabur Jakarta tentang Dunia Perkeretaapian

7 jam lalu
Berita Selanjutnya
Relish Moves! – Serunya Berolahraga di Tengah Kota Jakarta Bersama Relish Bistro

Relish Moves! – Serunya Berolahraga di Tengah Kota Jakarta Bersama Relish Bistro

Berita Terpopuler

  • Siap-Siap! Tahun 2024, KPK Akan Sasar Para Guru dan Kepala Sekolah di Indonesia Dalam Program Barunya.

    Siap-Siap! Tahun 2024, KPK Akan Sasar Para Guru dan Kepala Sekolah di Indonesia Dalam Program Barunya.

    419 dibagikan
    Bagikan 168 Tweet 105
  • EK (23) dan IL (23) Pengedar Pil Koplo & Tembakau Gorilla Ditangkap Satresnarkoba Polres Serang

    392 dibagikan
    Bagikan 157 Tweet 98
  • Kalender Penting Untuk Siswa/Siswi Tangerang Selatan, Simak Jadwalnya.

    372 dibagikan
    Bagikan 149 Tweet 93
  • Forum Warga Puri Serang Hijau Gelar Halal Bihalal dan Pertemuan Rutin dengan Warga

    141 dibagikan
    Bagikan 56 Tweet 35
  • TIM Gala Siswa Indonesia (GSI) Kota Tangerang Selatan Raih Juara Tk. Provinsi Banten Tahun 2023

    139 dibagikan
    Bagikan 56 Tweet 35

Kategori

  • Advertorial
  • Banner
  • Bisnis
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Entertainment
  • Gaya Hidup
  • Headline
  • Hukrim
  • Iklan
  • Internasional
  • Keagamaan
  • Kesehatan
  • Kolom
  • Liputan Khusus
  • Nasional
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Pemerintahan
  • Pemilu
  • Pendidikan
  • Pertanahan
  • Pilihan Editor
  • Politik
  • Sosial Budaya
  • Sosok
  • Teknologi
  • Uncategorized

Kategori

  • Advertorial
  • Banner
  • Bisnis
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Entertainment
  • Gaya Hidup
  • Headline
  • Hukrim
  • Iklan
  • Internasional
  • Keagamaan
  • Kesehatan
  • Kolom
  • Liputan Khusus
  • Nasional
  • Olahraga
  • Otomotif
  • Pemerintahan
  • Pemilu
  • Pendidikan
  • Pertanahan
  • Pilihan Editor
  • Politik
  • Sosial Budaya
  • Sosok
  • Teknologi
  • Uncategorized
  • Redaksi
  • Kode Etik
  • Pedoman
  • Peraturan Perusahaan
  • Kebijakan Privasi

© 2023 suara-rakyat.id All right reserved.

No Result
LIhat Semua Hasil
  • Beranda
  • Daerah
  • Hukrim
  • Kesehatan
  • Sosial Budaya
  • Politik
  • Olahraga
  • Internasional
  • Sosok
  • Gaya Hidup
  • Masuk

© 2023 suara-rakyat.id All right reserved.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In